Acomodador

Acomodador atau titik menyerah : selalu ada kejadian dalam hidup kita yang menghalangi kemajuan kita : suatu trauma, kekalahan yang sangat menyakitkan, kekecewaan dalam cinta, bahkan kemenangan yang tidak kita pahami, bisa membuat kita menjadi pengecut dan menghalangi kita bergerak maju. Sebagai bagian dari proses untuk menambah kekuatan tersembunyi kita, seseorang pertama-tama harus membebsakan dirinya dari titik menyerah itu, dan untuk melakukan itu dia harus meneliti seluruh hidupnya dan menemukan di mana titik itu terjadi.

Bebas bukanlah ketiadaan tanggungjawab, melainkan kemampuan untuk menentukan pilihan (dan melibatkan diri) pada apa yang terbaik untuk diri

Ketika aku sudah tidak memiliki apapun lagi yang bisa dirampas dariku, aku diberi segalanya. Ketika aku sudah tidak lagi menjadi diriku, kutemukan diriku. Ketika aku mengalamin kenistaan tapi tetap mengayunkan langkahku, aku mengerti bahwa aku bebas memilih takdirku.

Seorang ksatria cahaya tahu bahwa banyak hal harus disyukurinya. Dalam perjuangannya, dia dibantu malaikat; kekuatan langit menaruh segala sesuatu pada tempatnya, sehingga dia bisa memberikan yang terbaik. Itu sebabnya pada waktu matahri terbenam, dia berlutut dan mengucapkan terimakasih pada Zirah Pelindung yang menyelimutinya.
Teman-temannya berkata, “beruntung sekali dia!”. Tapi dia tahu bahwa “keberuntungan” adalah tahu bahwa dia harus melihat kesekitarnya dan mencari dimana teman-temannya berada, sebab melalui kata-kata temannya lah para malaikat berbicara.

~ The Zahir : Paulo Coelho ~

 

Mei 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *