It’s Time to Manage My Time Better #NHW6

Bismillahirrahmanirrahim

Back to this topic a.k.a Nice Homework wkwkwk. PR dari MIIP kali ini adalaaaahhh jengjenggg// intinya belajar buat jadi manager keluarga yang baik (bukan perfect). Standar baiknya individual terserah (target dan kemampuan) masing-masing. Gimana PRnya?

Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting

Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?

Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras.

Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time ( misal anda sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka patuhi waktu tersebut).

Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda.

Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan.

(Contoh kalau saya membuat jadwal rutin saya masukkan di subuh-jam 07.00 – jadwal dinamis ( memperbanyak jam terbang dari jam 7 pagi- 7 malam, setelah jam 7 malam kembali ke aktivitas rutin yang belum selesai, sehingga muncul program 7 to 7).

Amati selama satu minggu pertama, apakah terlaksana dengan baik?

kalau tidak segera revisi, kalau baik, lanjutkan sampai dengan 3 bulan.

 

Oke, kita mulai…

3 Aktivitas Paling Penting :
  1. Main sama bayi
  2. Beberes rumah + masak
  3. Me time : ibadah khusyu’, meng-upgrade diri, baca buku, nonton video (kajian maupun film wkwk), nulis. Udah ga kerjaaaa, yeay!

 

3 Aktivitas Paling Ga Penting
  1. Nyosmed
  2. Nyosmed
  3. Nyosmed

Unfortunately, waktu saya selama ini (sebelum resign per 1 Juli 2017) banyak kepake buat buka sosmed. Dulu alasannya “ya gimana lagi, kerjaannya memang itu“. Yaa walau main sama bayi tetep ada jatahnya, masak udah pasti, yang sering kali kalah adalah beberes rumah. Yang paling KO adalah upgrade diri dan refreshing.

Godaan terbesar saat kerja adalah distraksi. Betapa sosmed itu (meskipun lagi kerja aka nyari bahan, bikin, posting, dan melihat respon) sangat mengganggu konsentrasi setiap kali ada hal menarik yang ingin dibaca. Apalagi saya orang “input” alias kepoan.

Ngedistrak kerjaan sehingga jadi lebih lama ngerjainnya sih enggak, ngedistrak emosinya ini yang rugi paling besar. Karena saya tipikal hard worker, jadi yang dikalahin bukan kerjaan. Makanya yang kualitasnya berkurang adalah main sama bayi, dan yang hilang banyak waktunya adalah beberes rumah dan me time.

Oke, kita mau jadi satria baja hitam!

 

 

Perbanyak Jam Terbang

Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras.

Kebetulan setelah Ramadhan saya dan suami udah me-review jadwal kami semampunya. Baru jalan 1 minggu. Saya juga udah resign demi proses perubahan diri yang lebih baik. Jadi, betapa ruginya saya kalo udah resign tapi masih gitu-gitu aja 😀

Selama 1 minggu berjalan, sudah cukup efektif kecuali proses upgrde diri yang masih terkendala dan faktor x yang kami belum temukan kenapa walau sudah sesuai jadwal, tetap ada yang bikin satu task lebih lambat berjalan. Suami saya bilang biasanya terjadi kalo bayi udah ikut bangun, kami jadi ga bisa ngapa-ngapain. Masih dalam tahap observasi.

Selain itu, kadang bosan atau fisik yang lelah juga bikin fokus saya berkurang saat main dengan bayi. Saya lebih mudah bosan jika tidak mempersiapkan diri akan main apa hari ini. Soal lelah fisik, kemarin baru baca tulisan di fb untuk menaikkan ambang lelah. Saya pikir salahsatu caranya adalah dengan merutinkan olahraga, minimal 7 minutes workout.

Kemarin juga ada kejadian yang membuat saya tidak bisa masak pagi. Akhirnya berdamai dengan membeli makanan jadi dan masak di siang dan malam hari. Di sini saya belajar untuk lebih manusiawi demi kesehatan mental XD ..be good to myself 😀

 

Kandang Waktu

Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time ( misal anda sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka patuhi waktu tersebut).

Alhamdulillah saya cukup mudah menjalankan rutinitas harian karena rutin hidup bayi saya juga sudah cukup baik. Inget lelahnya dulu membentuk jadwal hariannya 😀 ..yang menarik juga, rutin hidup bayi saya kok ya pas dengan jadwal sholat.

Berhubung suami saya menekankan melambatnya kecepatan kami saat melakukan sesuatu ketika bayi bangun, maka kandang waktu kami adalah sebagai berikut :

Sebelum jam 06.30 : Family time dan beberes rumah

Jam 06.30 – 08.00 : Waktu beberes luar rumah + masak

Jam 08.00 – 21 : Waktu untuk bayi dan diri sendiri

Jam 21 – 22 : Family time

Jam 22 – waktu QL : Istirahat

 

Jadwal Harian

Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan.

Setelah evaluasi 1 minggu keberjalanan jadwal kami, sepertinya baik jika jadwal beberes rumah yang semula di family time sebelum tidur (ceritanya bisa sambil beberes atau persiapan masak sambil ngobrol) di geser setelah subuh saja karena saya dan suami sukses ketiduran terus (karena lelah) saat menidurkan bayi dan selesai dengan efektif juga ketika dikerjakan setelah subuh.

Jadi, kira-kira jadwalnya seperti ini :

Jam 3 – 4.30 : Family time khusus liqo dan ibadah atau menjalankan peran hidup

4.30 – 5.00 : Sholat

5.00 – 6.30 : Beberes rumah + masak

6.30 – 7.00 : Belanja

7.00 – 7.20 : Beberes luar rumah + masak

7.20 – 7.30 : 7 minutes workout

7.30 – 8.00 : Sarapan

8.00 – 8.30 : Bayi mandi + Suami ngantor

8.30 – 9.30 : Bayi main

9.30 – 10.00 : Pengkondisian tidur

10.00 – 12.00 : Bayi tidur + Saya belajar (no sosmed) + makan

12.00 – 15.30 : Sholat + Bayi main

15.30 – 16.00 : Pengkondisian tidur

16.00 – 16.45 : Bayi tidur + Saya beberes rumah + sholat

16.45 – 17.45 : Bayi main

17.45 – 18.00 : Menyambut suami pulang dengan bayi

18.00 – 19.30 : Sholat + Family time khusus main bertiga + Persiapan makan malam

19.30 – 20.00 : Makan malam

20.00 – 21.00 : Pengkondisian tidur

21.00 – tidur : couple time atau menjalankan peran hidup

 

Saya masih PR bikin suami udah berangkat sebelum jam 8.15. Doakan saya ya 😀

Hasil gambar untuk quote your time your age muhammad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *