Tahapan dan Tipe Bermain (Dalam Cerita)

Saat ini, saya sedang mengikuti kelas “Main sama Anak” yang dipandu oleh Kak Idzma dan Teh Lintang. Sudah masuk materi 3, dimana materi 1 tentang “reason why”, kenapa main bagi anak itu penting. Materi 2 tentang Tahapan Psikososial ala Erik Erikson. Materi 3 tentang tahapan dan tipe bermain.

Tahapan main anak meliput 3 hal, yaitu

  • Manipulative play (dengan sensorimotor),
  • Functional play (menggunakan benda -sebagai alat bermain- sesuai fungsinya, misal HP buat nelpon), dan
  • Symbolic play (kebalikan functional play, menggunakan benda sebagai alat bermain tidak sesuai fungsinya, misal pisang buat nelpon).

Sebetulnya symbolic play ini masih dibagi dua jenis lagi, yaitu pretend play dan imaginary play. Saya ga begitu yakin bisa jelasin bedanya dua hal ini, jadi mending YouTube-ing aja yak liat contohnya, biar ga tersesat😝.

Dunia main Biboy saat ini masih dominan sensorimotor, baik di aktivitas outdoor maupun indoor (atau outdoor yang secara kreatif dijadikan permainan indoor olehnya. Baca : pasir dan sekam ditabur di dalam rumah 😂)

Biboy sangat senang bermain pasir, tanah, sekam, dan air. Semua tersedia dari apa yang ada di rumah aja (ibuk medit kreatif kan wakakak). Pasir, tanah, dan sekam hanya dipindahkan dari satu pot tanaman ke pot tanaman lain, atau ke disebar lantai🤐.

Sedangkan saat main air, dia akan siramkan ke seluruh tanaman dan semua wadah kosong (functional play yang gooooood karena chore ibuk yg ini jadi ada yang menggantikan 😝)

Namun, ada juga aktivitas main lainnya yang menarik untuk diperhatikan. Misalnya hobinya memanjat yang mulai muncul (saya rasa ini masih sensorimotor tapi sudah mulai terlihat functional, misalnya dengan ia memanfaatkan benda-benda untuk pijakan).

Selain itu juga dia suka memainkan benda-benda sesuai fungsinya (functional play), seperti HP untuk nelpon, menara donat disusun menjadi menara, pion bowling disusun berdiri, bola dilempar2, dannnnnn baby cream dioleskan ke seluruh tubuh (cerdassss, besok-besok ibuk suruh pake minyak telon sendiri aja😂).

Permainan lainnya adalah tebak benda, rupanya dia sudah mengerti ini gambar mobil, ini burung, ini kura-kura, dsb.

Aktivitas main yang menarik untuk diperhatikan juga adalah seperti yang saya capture di foto kanan bawah. Yaitu “pura-pura jadi bayi” (symbolic-imaginary play).

Entah dia mungkin terpanggil innerchild playfulnya, tiba-tiba dia ambil bedong di lemari dan minta dipakaikan😂.

Atulah, da emang kamu bayi, Boy.. wkwkwk. Dia juga suka menumpuk benda-benda apa saja untuk dijadikan menara tinggi.

Nah, tipe bermainnya yang mana saja ya?

Tipe bermain anak (Parten sang idea creator teori ini menyebutnya 6 stages of play) ada 6, yaitu :

Biboy ni anak pertama, jadi mayoritas waktu mainnya dilakukan sendirian (solitary play), sama ibuk mah ga diitung kan ya? Kadang juga ga saya temenin main sih, emang beneran sendirian.

Tahapan ini cukup saya syukuri, soalnya saya bisa cuci piring dan mandi dengan tenang😂. Yaa kalo masak sering sih dia pengen ikutan bantu😝

Keajiban solitary play ini makin menjadi akhir2 ini gara2 ibuknya bolos ngaji mulu. Jadi kesempatan ketemu anak-anak buat main di satu tempat jadi lebih sedikit. Keajiban itu berbuah dia jadi suka nongkrong sendiri di depan pagar 🙈 (lihat gambar di paling atas)

Nah, kalo ikut ngaji, baru deh keliatan kalo dia sebenarnya ga solitary amat. Sejak usia 5 bulan, dia suka sekali ikut nimbrung kakak-kakak yang lebih besar. Tapi suka didorong karena dia ngiler😝. Pantang menyerah gitu dia.

Tapi makin besar dia amati dulu (onlooker play) apa kakak-kakak yang lebih besar bisa ditimbrungi. Kalo bisa, dia bakal ikutan tapi masih main bersama (parallel play), belum main sama-sama (associative play). Masing-masing gitu.

Nah, karena masih parallel play, jadilah dia juga masih jadi korban didorong anak yang lebih besar karena ga paham kepemilikan. Biasanya kalo udah gini saya ambil aja trus kasih bonekanya atau buku.

Masih long way to go ya buat sampe ke cooperative play (yaiya 6 tahun baru keliatan😂), sekarang puas2in parallel playnya aja dulu, sambil ibuk temenin belajar soal kepemilikan yak.

Mangat Biboy😘

#MainSamaAnak
#BermainBermakna
#BiboyMain
#15monthsold

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *