MPASI Homemade vs Pabrikan, Homemade yang Terbaik???

Sewaktu si bocah masih piyik, saya jajan ilmu per-mpasi-an ini udah kayak orang kesetanan 😂

Cik nya di list :
1. Dr tiwi (dsa -soal mpasi dan grafik tumbuh kembang)
2. Dr Luh Wahyuni (sp kfr -jelasin oromotor, Gigi, dan stimulasi makan)
3. Dr Klara Yuliarti (dsa subspesialis nutrisi dan gizi anak)
4. Dr Endah Citraresmi (dsa -soal alergi dan intoleransi)
5. Dr Frecillia Regina (dsa -mpasi who)
6. Buku HHBF
7. Buku BLW Gill Rapley

1-7 itu yang anti gulgar samsek hanya HHBF, dr tiwi dan dr frecil ga anti tapi lebih baik ga pake dulu sampe anak 1 thn.

Sedangkan dr Luh dan dr Klara jelasinnya gemes gemes gimana gitu sama ortu yg konsul anaknya susah makan gara2 menunya “ga enak”. Apalagi dr Luh, soalnya doi yang “mereparasi” oromotor anak yg makannya udah bermasalah.

Mereka bilang, anak itu udah punya selera, dan mereka udah kenal rasa sejak dalam perut. Lagian, kadar garam di permukaan wortel di sayur sop ga akan lebih dari 1 gram!

Trus baru tau juga kalo dokternya bocah (dr Emelia) juga gemes sama ortu yg terlalu strict no gulgar. Teteh di itbmh ceunah abis kontrol ke si enin, anaknya dikasi fruit tea wkwk.

Lalu, masuk ke judul. Homemade dan pabrikan, bagusan mana?

Salahsatu yg paling mind-blowing buat saya adalah penjelasan dr Klara yg notabene dosennya para dsa, dan subspesialis gizi anak, praktek di rscm jadi ngerjain riset terkini terus. Katanya :

1. Zat besi jangan cari di bayam, tapi di hati dan daging (sapi/ikan). Zat besi dari tumbuhan emang berlimpah, tapi susah diserap tubuh.

2. Ga usah musuhin mpasi pabrikan tapi ga bisa ngatur gizi dan higienitas wkwkwk. Homemade itu ga selalu baik kalo ga bisa jaga dua hal tadi. Mpasi pabrikan justru lebih baik untuk orang “awam gizi” karena kandungan gizinya pasti memenuhi standar codec.

3. Ga boleh gagal tumbuh! Karena makanan buat bayi bukan buat badan aja tapi buat otak. Risetnya, anak yg gagal tumbuh dalam level parah, IQnya turun 5 poin. Kalo modal genetiknya 125 keatas sih ga akan masalah, nah klo modalnya cuma 85, jadi resiko retardasi mental ringan.

Jadilah saya :

1. bukan penganut HHBF mentok 🤣
2. Dari awal ga strict no gulgar, menu bayi dari awal ambil makanan keluarga lalu edit tekstur. Jadi ga repot masak dua kali yeeeee mahahahaha
3. Kalo lagi insecure ama porsi dan gizi bocah, buka deh tuh mpasi pabrikan tambah sayur dan protein lagi yang banyaaaakÂ ğŸ˜Ž
4. Menerapkan prinsip who, terutama responsive feeding. Jadilah anaknya berasa bukan bayi lagi, heuheu

note :
Penjelasan dr Luh soal oromotor dan stimulasi makan juga banyak konten mind-blowing. Salahsatunya, ada kaitan kuat antara makan dan bicara-bahasa. Intinya, makan itu stimulasi bicara karena makan menstimulasi otot-otot mulut, kehangatan saat makan bersama adalah stimulasi bahasa. selengkapnya ada disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *